Peranan Protista yang Menguntungkan & Merugikan dalam Kehidupan

Semua makhluk hidup sudah pasti berkontribusi dalam kehidupan, tak terkecuali peranan protista terhadap lingkungannya. Banyak anggota yang termasuk ke dalam filum ini (Protista) yang bersifat parasit atau merugikan maupun menguntungkan baik pada manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Kira-kira apa saja kah peranan tersebut?
Penjelasannya di bawah ini.

Peranan Protista yang Merugikan dalam Kehidupan

Phytophthora infestans adalah contoh protista mirip jamur yang menginfeksi tanaman kentang sampai menyebabkan gagal panen dan terjadi kelaparan di Irlandia abad ke-19.

Penyebab masalah penyakit pada manusia lainnya adalah dari protista mirip hewan. Beberapa organisme yang menyebabkan penyakit sekitar mulut dan pencernaan diantaranya ada dari spesies Entamoeba histolytica, Entamoeba coli, dan Entamoeba gingivalis.

Spesies Chlorophyta dan Dinoflagellata (protista mirip tumbuhan) menyebabkan kematian banyak ikan di danau atau sungai yang dikenal dengan sebutan alga bloom dan red tide.

Spesies Trypanosoma adalah parasit pada manusia dan hewan yang mengakibatkan adanya penyakit tidur di Afrika.

Dan Plasmodium yang cukup berbahaya merupakan salah satu anggota dari kingdom protista yang menjadi penyebab malaria.

Peranan Protozoa yang Merugikan

Protozoa bisa ditemui dimana saja karena, termasuk dalam organisme kosmolipit. Maka dari itu, ada beberapa jenis yang dapat mengancam kesehatan pada manusia sehingga akan menimbulkan penyakit. Tak heran, karena sebagian besar protozoa adalah patogen pada manusia dan juga hewan,

Contohnya pada filum Rhizopoda. Pernahkah kamu mengalami disentri? Disentri yaitu penyakit  dengan gejala buang air besar yang bercampur dengan lendir.

Penyebabnya adalah dari spesies Entamoeba dysentriae. Contoh lainnya adalah Entamoeba histolytica yang menyebabkan amebiasis.

Inilah beberapa penyakit yang berasal dari spesies kelompok protozoa (protista mirip hewan) dengan alat gerak flagellata yang dapat merugikan disajikan dalam tabel berikut ini.

NoNama ProtistaHospesNama Penyakit
1Trichomonas vaginalisManusiaPenyakit pada alat kelamin wanita
2Trypanosoma evansiHewan ternakSura
3T. cruziTikus dan insektaChagas
4T. bruceiAntelopeNagana
5T. rhodesiensisManusiaTidur
6T. gambienseManusiaTidur
7Leishmania donovaniManusiaKalaazar
8L. tropica, L. braciliensisManusiaPenyakit kulit

Peranan Protista dalam Kehidupan yang Menguntungkan

Ada beberapa manfaat yang menguntungkan pada kingdom protista. Diantaranya akan disajikan dalam tabel, jenis spesies apa saja dan manfaatnya bagi kehidupan yaitu sebagai berikut.

NoJenis SpesiesManfaatnya
1DiatomMenjadi bahan campuran penggosok, dan campuran pasta gigi
2ChlorellaSebagai makanan yaitu sumber protein tinggi dan vitamin
3EucheumaMenjadi bahan pembuatan agar-agar
4ParameciumSebagai indikator pada air tawar yang sudah tercemar
5ForaminiferaDari fosilnya sebagai petunjuk sumber minyak bumi
  1. Peranan Protista Mirip Tumbuhan (Alga) yang Menguntungkan

Protista mirip tumbuhan atau alga bisa dikatakan mempunyai peranan manfaat terbesar dibandingkan protista mirip hewan ataupun mirip jamur.

Protista mirip tumbuhan atau alga adalah penghasil oksigen (O2) dan sebagai produsen terbesar di laut dalam ekosistem perairan. Selain itu alga juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, bahan untuk obat-obatan, dan bahan dasar dari kosmetik.

Perhatikan tabel berikut contoh dari beberapa spesies alga yang punya peranan menguntungkan.

NoNama AlgaManfaatnya
1GracilariaDimanfaatkan untuk bahan pangan
2EucheumaUntuk bahan pangan dan bahan kosmetik
3DiatomBerguna sebagai alat penggosok, pembuat cat, dan isolator panas.
4GelidiumUntuk bahan pembuatan agar-agar
5ChlorellaUntuk bahan pangan dan bahan campuran pada pasta gigi
  1. Peranan Protozoa yang Menguntungkan

Protozoa yang hidup di air tawar dan air laut ialah Zooplankton yang merupakan sumber makanan bagi hewan air seperti udang, ikan, kepiting. Protozoa ini nantinya akan menguntungkan secara ekonomis bagi manusia.

Peran lainnya yaitu dalam mengontrol banyaknya jumlah bakteri di alam, karena protozoa adalah pemangsa bakteri.

Fosil dari Foraminifera seperti kerangka-kerangkanya yang telah ada di dasar laut setelah lama mengendap akan membentuk menjadi tanah globigerina yang mempunyai manfaat sebagai petunjuk dari adanya minyak bumi.

Radiolaria, yang kerangkanya apabila mengendap di dasar laut akan menjadi tanah Radiolaria yang dipergunakan untuk bahan penggosok untuk berbagai kebutuhan.

Kembali ke Materi Biologi