Ruang Lingkup Biologi: Pengertian & Struktur Organisasi Kehidupan

Biologi mengkaji seluruh kehidupan di bumi ini baik yang tidak terlihat maupun yang terlihat. Dengan mempelajari biologi, maka kehidupan seluruh makhluk hidup akan terjaga. Nah, tapi dalam mempelajarinya, tentu saja ada ruang lingkup biologi atau batasan-batasan tertentu.

Ruang Lingkup Biologi Adalah..

Ruang lingkup yang dikaji didalam biologi mencakup seluruh alam yang ada di kehidupan ini, dimulai dari tingkatan makhluk hidup yang terkecil (sederhana) sampai tingkatan organisasi makhluk hidup yang terbesar (kompleks).

Benda dikatakan sebagai makhluk yang hidup jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitasnya.
  • Dapat bernafas.
  • Dapat mengeluarkan sisa-sisa metabolisme didalam tubuh yang sudah tidak terpakai lagi melalui proses ekskresi.
  • Mengalami adanya pertumbuhan dan perkembangan.
  • Dapat melalukan perkembang biakan melalui proses reproduksi.
  • Dapat berinteraksi dengan lingkungannya dan menyesuaikannya agar dapat bertahan hidup.

Struktur Organisasi Kehidupan

  1. Organisasi Tingkat Molekul

Organisasi tingkat molekul merupakan suatu kehidupan organisasi pada tingkatan yang paling rendah. Materi penyusunnya berupa asam nukleat yang terdiri dari Asam Deoksi Ribonukleat (ADN) atau Asam Ribonukleat (ARN) dan protein.

  1. Organisasi Tingkat Sel

Sel adalah satu kesatuan dari bentuk kehidupan. Teori sel yang dikenalkan oleh Schleiden (1804-1881) dan Schwan (1810-1892) menyatakan bahwa setiap makhluk hidup terdiri dari berbagai sel.

Organisme yang bersel tunggal disebut dengan uniseluler, sebaliknya organisme yang tersusun oleh banyak sel disebut dengan multiseluler.

Para ahli ilmuwan seiring dengan berjalannya waktu menemukan adanya struktur-struktur pada sel yang diamati menggunakan mikroskop, yaitu sel hewan dan tumbuhan. Berikut gambar dari sel hewan dan sel tumbuhan dengan bagian-bagian strukturnya:

  1. Organisasi Tingkat Jaringan

Jaringan merupakan susunan dari berbagai sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama, kemudian sel-sel tersebut mengalami perubahan.

Pada jaringan embrional, sel-sel mengalami perubahan, misalnya jaringan meristem yang terdapat pada tumbuhan kemudian membentuk jaringan epidermis, kemudian menjadi jaringan pembuluh.

Pada sel hewan juga sama, sel tersebut akan mengalami adanya perubahan, misalnya terjadi pembelahan sel pada zigot kemudian membentuk blastula, kemudian blastula mengalami perubahan bentuk dan fungsi menjadi jaringan tubuh. Contohnya jaringan otot, jaringan kulit, jaringan saraf, jaringan darah.

  1. Organisasi Tingkat Organ

Jaringan-jaringan yang bergabung dengan jaringan lainnya, pada jantung meliputi jaringan otot, jaringan darah, jaringan saraf, jaringan epitel, dan jaringan ikat.

Jaringan tersebut akan bekerja sama untuk jantung agar fungsinya bekerja semestinya. Contohnya adalah jantung, ginjal, paru-paru dan hati. Organ-organ ini akan membentuk sistem tertentu.

Misalnya pada sistem pernapasan yang terdiri dari berbagai organ antara lain ada hidung, tenggorokan, cabang batang tenggorokan, dan organ paru-paru. Organisasi tersebut disebut dengan sistem organ.

  1. Organisasi Tingkat Individu

Makhluk hidup yang terdiri dari sistem organ akan disebut dengan individu. Manusia dikatakan sebagai satu individu, karena didalam tubuh kita terdapat berbagai macam sistem organ. Contoh ruang lingkup biologi dalam tingkat individu adalah lainnya seperti seekor sapi, sebuah pohon dan lain-lain.

  1. Organisasi Tingkat Populasi

Populasi merupakan sekelompok individu dengan jenis sama yang menempati waktu dan ruang yang sama. Misalnya populasi pohon pinus yang ada di hutan, kita tidak bisa menyebut pohon itu satu populasi dengan kelapa di pesisir karena tempatnya berbeda.

  1. Organisasi Tingkat Ekosistem

Setiap organisme yang hidup akan menempati tempat tertentu. Lingkungan yang ditempati makhluk hidup mempunyai syarat yang sama untuk yang ditempati maupun yang menempati karena keduanya saling membutuhkan.

Misalnya di lingkungan sawah yang terdapat padi, tikus, katak dan ulat. Kelompok organisme yang hidup bersama disebut dengan komunitas.Nah, setiap suatu komunitas dan lingkungannya merupakan suatu ekosistem.

  1. Organisasi Tingkat Bioma

Bioma merupakan kumpulan atau semua ekosistem di bumi ini yang saling berinteraksi dan berhubungan satu sama lain, sehingga bumi ini adalah suatu ekosistem yang besar.

Penjelasan mengenai ruang lingkup biologi yang telah dijabarkan di atas, jika dipelajari dengan seksama tidak akan terasa sulit, karena semua komponen-komponennya bisa kita lihat sehari-hari di sekeliling kita.

Kembali ke Materi Biologi